5 Strategi Digital Marketing UKM

5 Strategi Digital Marketing UKM

AWK Academy | 6 Strategi Digital Marketing UKM (Usaha Kecil Menengah) – Ada data menarik bahwa dari 64jutaan pelaku UKM terdapat hanya 12juta yang sudah memasuki ekosistem ekonomi digital. Karena itu, pemerintah melihat peluang ini dengan mengadakan program UKM Go digital yang dimana program ini memiliki tujuan agar penggunaan perangkat digital bisa menjangkau ke seluruh pelaku UKM di Indonesia.

Pemerintah tidak main-main mendorong UKM untuk go digital. Pasalnya pada tahun 2024 ditargetkan sebanyak 30 juta UKM yang masuk dalam program tersebut. Hal tersebut karena perkembangan era digital yang semakin pesat dan satu-satunya cara untuk melaluinya adalah dengan mengajak seluruh pelaku UKM mulai menjalankan usahanya secara digital.

5 Strategi Digital Marketing UKM

Supaya lebih siap memasuki ekosistem ekonomi digital, berikut ini terdapat beberapa strategi pemasaran UKM di era digital:

#1 – Gunakan Influencer atau KOL (Key Opinion Leaders)

Strategi pemasaran dengan menyewa jasa influencer atau KOL adalah salah satu tren yang sangat digemari di era digital. Apalagi kalau bukan karena pengaruh sosok influencer itu sendiri dan bagaimana kreativitasnya untuk mempromosikan suatu produk/jasa. Tapi tahukah kamu ternyata influencer dan KOL berbeda?

Influencer

Influencer merupakan seseorang yang memiliki pendapat atau suara yang menjadi kekuatannya untuk menyampaikan sesuatu. Influencer dinilai dari seberapa besar pengaruh yang diciptakan kepada followers. Dalam marketing, suatu produk/jasa yang diiklankan mendapat perhatian luas oleh pengguna sosial media. Tidak jarang produk/jasa tersebut juga digunakan untuk menambah kepercayaan.

Key Opinion Leader (KOL)

KOL adalah orang yang memiliki keahlian di bidang tertentu dan aktif menggunakan media sosial untuk menyampaikan pendapatnya tentang suatu hal. Dari keahlian dan kemampuannya pada bidang tertentu, pendapat KOL memiliki kredibilitas lebih. Penggunaan KOL akan lebih dipercaya masyarakat apabila produk/jasa Anda sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

Strategi pemasaran influencer atau KOL memiliki beberapa kelebihan yaitu tingkat brand awareness yang dibangun tinggi dan bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Namun, yang harus Anda perhatikan pada strategi pemasaran dengan influencer atau KOL cenderung memiliki biaya khusus sesuai yang ditargetkan. Proses pemilihan influencer atau KOL juga harus diperhatikan agar tidak salah target, ya. 

Untuk menggunakan jasa influencer atau KOL, Anda bisa mengirimkan proposal atau ajakan kerjasama ke email mereka. Biasanya influencer atau KOL mencantumkan alamat email bisnis yang dicantumkan di profil/bio sosial media.

#2 – Social Media Marketing

Seiring perkembangan tren, sekarang media sosial tidak hanya digunakan untuk menampilkan foto-foto produk/jasamu saja, melainkan media sosial juga bisa menjadi tempat Anda memasang iklan dan langsung terhubung pada situs marketplace/website usaha Anda. Cara tersebut yaitu dengan social media marketing.

Sosial Media Marketing memungkinkan untuk “jemput bola” dengan menjaring pengguna media sosial yang belum atau sudah mengetahui bisnis Anda. Tidak semua orang bisa langsung mencari tahu akun bisnis Anda secara organik. 

Sebaliknya, media sosial seperti Instagram dan Facebook memunculkan postingan akun usaha Anda secara acak. Jadi, Social Media Marketing membantu usaha Anda agar terlihat berulang kali dan muncul pada akun orang-orang yang memiliki algoritma pencarian  yang sama dengan jenis usaha Anda. 

#3 – Google My Business / Local SEO

Selain memanfaatkan sosial media, Anda juga bisa menggunakan Google. Salah satu strategi yang disediakan Google untuk para pelaku usaha yaitu Google My Business. 

Google My Business merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk memudahkan konsumen mengetahui informasi suatu bisnis secara lengkap. Informasi ini meliputi alamat, kontak, jam operasional, website usaha, hingga review konsumen terhadap usaha Anda. Dengan Google My Business, usaha Anda akan secara otomatis terdeteksi pada Google Maps. Hal ini tentu memudahkan konsumen untuk mencari lokasi usaha Anda.

#4 – Search Engine Marketing / Google Ads

SEM atau Search Engine Marketing adalah strategi pemasaran online yang dilakukan pada mesin pencarian (search engine), seperti Google, Bing, Yandex, dan Yahoo Search. Namun, mesin pencarian yang paling terkenal dan sering digunakan adalah Google. 

Bagaimana cara kerja SEM? SEM bekerja dengan menampilkan hasil pencarian kata kunci (keyword) yang sesuai atau terkait dengan produk/jasa Anda. Website bisnis Anda akan muncul beserta gambar dan harga produk/jasa di tampilan awal mesin pencarian. 

Pada tahap tersebut belum ada transaksi biaya yang Anda keluarkan untuk mesin pencari. Hal itu dikarenakan SEM menerapkan metode Pay Per Click (PPC), artinya Anda akan harus  membayar ketika ada yang mengklik website bisnis Anda. Pembayaran ini diakumulasikan selama beberapa periode berdasarkan jumlah PPC yang didapatkan.

#5 – Email Marketing

Strategi pemasaran lain yang bisa Anda gunakan untuk bisnis Anda yaitu dengan email marketing. Pada dasarnya, email marketing merupakan email yang kamu kirim kepada konsumen tentang informasi bisnis Anda. Contoh; pemberitahuan promo, sale, atau produk/jasa baru. 

Bagi sebagian orang, email marketing sering dianggap spam, apalagi bagi konsumen yang tidak menghiraukan email. Namun, sebuah studi yang dilakukan McKinsey & Company menyatakan bahwa email marketing ternyata 40 kali lebih efektif untuk mendapat konsumen dari social media lain. Keefektifan ini dipicu karena email marketing bisa menjangkau  ranah personal konsumen yaitu pada kotak masuk email pribadi mereka. 

Studi tersebut juga menyatakan bahwa 59% konsumen masih bersedia berlangganan newsletter atau email marketing. 65% konsumen juga bisa mendapatkan kupon potongan harga dari email marketing. 

Target pemasaran email marketing bisa ditujukan pada konsumen yang telah memiliki akun di website bisnis Anda atau konsumen marketplace yang pernah melakukan pemesanan produk/jasa. 

Jika ingin menerapkan email marketing, maka kamu harus menggunakan tools tertentu misalnya MailChimp. Meskipun terbilang mudah karena sudah tersedia tools yang mengelolanya, namun MailChimp memiliki kelemahan yaitu yang versi gratis hanya bisa mengirim 2000 email setiap bulannya.

Yang paling penting adalah kalau Anda tidak paham bagaimana menjalankan Digital Marketing untuk bisnis Anda, ada baiknya Anda cari jasa digital marketing yang bisa menangani permasalahan Anda dan membantu bisnis Anda, atau Anda juga bisa undang AWK Academy untuk mengadakan Pelatihan Digital Marketing atau ikut Workshop Digital Marketing yang diadakan oleh Coach Andhika Wijaya Kurniawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

30X LIPAT!
Penjualan & Penghasilan

Saya sangat ingin membantu Anda untuk meningkatkan 30X Lipat Penjualan & Penghasilan dengan konten GRATIS, tetapi apakah Anda mau?.

Tentang

AWK Academy merupakan lembaga jasa pelatihan Digital Marketing & Digital Selling #1 Di Indonesia, sejak tahun 2010 yang di-dirikan oleh Andhika Wijaya Kurniawan.

AWK Academy

Office Plus Building,
J. Letjen S. Parman, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Indonesia.
Email: [email protected].

© 2010 – 2022 AWK Academy part of AWK Group. All Rights Reserved | WebDev: Ideax Digital